5 Tips Menulis Surat Lamaran Kerja agar Cepat Dipanggil Interview

Surat lamaran kerja merupakan elemen penting di dalam pencarian kerja. Disandingkan dengan CV (curriculum vitae), surat ini berfungsi untuk mengenalkan diri secara singkat kepada pihak HRD.  

Penting untuk menulis surat lamaran kerja dan CV dengan baik dan benar. Semakin baik keduanya ditulis, maka peluang untuk dipanggil interview pun akan semakin besar. 

Meskipun kini sudah banyak aplikasi yang menyediakan template surat lamaran kerja secara gratis, tetapi Anda tetap harus menulis isinya sesuai apa yang terjadi di hidup Anda. 

5 Tips Menulis Surat Lamaran Kerja    

Yuk, simak deretan tips berikut ini untuk menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar: 

Perhatikan Paragraf Pertama dan Terakhir 

Pastikan paragraf pertama jelas, tidak berbelit-belit, dan menjual. Kemudian, pastikan pula paragraf terakhir tidak mengambang. Di paragraf penutup ini, dengan sopan, mintalah perusahaan untuk menghubungi Anda jika berkenan.   

Perkenalkan Diri 

Perkenalkan diri Anda dan gambarkan antusiasme Anda untuk mengisi posisi yang Anda lamar. Gunakan kalimat aktif untuk menggambarkan hal tersebut.    

Sebutkan juga kemampuan yang Anda miliki, tetapi tidak perlu menulis semuanya, karena sudah tertera di CV. Jadi, sebutkan saja 3 kemampuan terbaik Anda untuk pekerjaan yang sedang dilamar dan belum tentu dimiliki kandidat lain. Salah satu contohnya adalah multitasking.  

Ungkapkan Ketertarikan  

Lakukan riset terkait kegiatan bisnis perusahaan tersebut. Lalu tuliskan hal itu secara singkat sebagai alasan Anda tertarik untuk menjadi tenaga kerja di perusahaan itu.   

Ceritakan Pengalaman

Tuliskan pengalaman sukses Anda di pekerjaan sebelumnya dengan singkat, padat, dan jelas. Tak perlu mengulang apa yang sudah tertulis di CV.     

Lihat Contoh 

Kini sudah banyak contoh surat lamaran kerja untuk berbagai posisi yang bisa ditemukan dengan mudah di internet. Jadikan contoh surat lamaran itu sebagai referensi untuk menulis surat lamaran Anda sendiri.    

Sampai Jumpa! 

Demikianlah deretan tips untuk menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar. Sebelum melamar, ingatlah untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan Anda terlebih dahulu. Semoga Anda segera dipanggil interview!